Panduan Untuk Berinvestasi Dan Pahami Resikonya

See the source image

Filosofi dari dana investasi seperti Sydinvest adalah untuk memudahkan dan aman bagi investor untuk mendapatkan pengembalian yang baik dan menjalani kehidupan yang lebih bermanfaat. Sydinvest memberi Anda kesempatan untuk berinvestasi di berbagai jenis sekuritas dengan membeli unit investasi di satu atau lebih dana Sydinvest. Unit merupakan pilihan yang sangat baik untuk semua orang yang ingin memaksimalkan tabungan mereka. Sejalan dengan perkembangan di pasar sekuritas, Sydinvest telah memperluas jangkauan dananya dan saat ini menawarkan empat dana berbeda yang mencakup sebagian besar kebutuhan dan persyaratan investor.

Apakah Anda seorang investor swasta atau klien institusional?

Sydinvest menawarkan berbagai peluang investasi. Sebelum Anda melanjutkan dan membeli unit, kami sarankan Anda menghubungi manajer akun Anda untuk menyesuaikan portofolio Anda dengan kebutuhan dan harapan Anda. Untuk memastikan bahwa Anda menerima layanan konsultasi terbaik, silakan pilih:

Panduan Untuk Investasi

Sebelum berinvestasi, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan dengan cermat sejumlah pertanyaan tentang bagaimana Anda ingin merencanakan investasi Anda. Anda perlu mengidentifikasi kebutuhan dan persyaratan Anda dalam hal cakrawala investasi, pengembalian dan risiko dalam jangka pendek dan panjang.

 Cakrawala investasi

Jika Anda mencari investasi jangka panjang, yaitu uang yang tidak akan Anda perlukan dalam beberapa tahun mendatang, sering kali merupakan ide yang baik untuk mengkompilasi portofolio Anda dengan bagian ekuitas yang besar dan bagian kecil dari obligasi. Kompilasi ini akan memberi Anda proyeksi pengembalian total yang tinggi selama beberapa tahun.

Sebaliknya, jika Anda akan membutuhkan uang Anda dalam waktu yang tidak terlalu lama (misalnya jika Anda ingin membeli rumah atau mobil), Anda mungkin menemukan bahwa investasi yang berisiko berkurang nilainya saat Anda ingin menggunakan uang itu. Oleh karena itu, jika cakrawala investasi Anda bersifat jangka pendek, kami menyarankan Anda untuk berinvestasi terutama pada dana obligasi dengan fluktuasi harga yang kecil.

 Pengembalian dan selera risiko

Pengembalian dan selera risiko terkait erat ketika berinvestasi di sekuritas. Sebagai aturan praktis, semakin besar risiko yang bersedia Anda tanggung, semakin tinggi pengembalian yang mungkin Anda harapkan dari investasi Anda. Jika Anda memilih investasi berisiko tinggi Anda harus mengharapkan fluktuasi harga yang relatif besar dibandingkan dengan investasi berisiko rendah. “Hadiah” Anda untuk menjalankan risiko yang lebih besar adalah proyeksi pengembalian yang lebih tinggi daripada pengembalian investasi berisiko rendah.

Informasi di halaman ini membantu Anda menyesuaikan investasi Anda dengan kebutuhan dan persyaratan Anda saat ini dan di masa depan.

Layanan konsultasi

Sydinvest menawarkan  dana yang masing-masing mencakup area investasi tertentu. Beberapa dana fokus pada investasi dalam ekuitas, yang lain pada investasi dalam obligasi. Manajer akun Anda akan memberi Anda informasi tentang investasi sekuritas sebelum Anda menentukan pilihan – dan hasilnya akan menjadi portofolio sekuritas yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik Anda. Silakan mengatur pertemuan dengan manajer akun Anda.

Dasar-dasar Investasi Saham

Berikut adalah beberapa pertimbangan penting sebelum berinvestasi di pasar saham:

Pedoman Investasi Saham:

DIVERSIFIKASI INVESTASI ANDA: Cara terbaik untuk meminimalkan risiko adalah dengan mendiversifikasi investasi Anda ke berbagai produk investasi. Jika ekuitas adalah satu-satunya investasi Anda, masuk akal untuk melakukan diversifikasi antara berbagai sektor dan perusahaan. Dengan cara ini, kerugian yang terjadi pada beberapa investasi dapat diserap atau dikompensasikan dengan keuntungan yang diperoleh dari investasi lain.

PAHAMI PROFIL RISIKO ANDA: Sebagai investor, Anda harus memilih antara seberapa besar risiko yang dapat Anda ambil karena semua investasi membawa sejumlah risiko tertentu. Pertimbangkan produk investasi tidak hanya sesuai dengan kebutuhan Anda dan berapa banyak modal yang dapat Anda investasikan, tetapi juga sesuai dengan toleransi risiko Anda. Bergantung pada seberapa ‘menghindari risiko’ atau ‘rawan risiko’ Anda sebagai investor, Anda dapat memilih investasi yang sesuai.

LAKUKAN PEKERJAAN RUMAH SEBELUM BERINVESTASI: Untuk berinvestasi dengan baik, Anda harus mengumpulkan dan memahami semua informasi yang relevan mengenai investasi yang akan Anda lakukan. Ini termasuk mempelajari laporan tahunan perusahaan, rekening dan pernyataan lainnya sambil tetap mengikuti apa yang terjadi di sektor atau industri tersebut. Konsultasikan dengan penasihat investasi / pialang saham Anda untuk mendapatkan informasi pasar terbaru tentang saham yang ingin Anda beli atau jual. Jangan percaya pada rumor atau ditekan oleh kuburan siapa pun tetapi rekomendasi yang tidak berdasar sebelum membuat keputusan investasi.

BERPIKIR JANGKA PANJANG: Investasi dalam saham tidak selalu menghasilkan keuntungan instan. Jangan menginvestasikan uang yang mungkin Anda perlukan segera, karena harga saham bisa turun, membuat Anda ragu atau enggan untuk menjual saham saat Anda membutuhkan likuiditas. Studi telah menunjukkan bahwa investasi yang dilakukan untuk jangka panjang berdasarkan analisis & studi, dengan mengingat berita dan laporan penelitian tentang saham individu, menghasilkan pengembalian yang menguntungkan bagi investor.

PENILAIAN WAKTU: Tujuan berinvestasi dalam saham dan saham adalah membeli saat harga rendah dan menjual saat harga tinggi. Mengetahui kapan, bagaimanapun, adalah tantangannya. Meskipun tidak mudah untuk menentukan waktu pasar, investor harus mencoba yang terbaik untuk membeli saat kenaikan telah dimulai, dan menjual saat penurunan dimulai.

HINDARI MENTALITAS HERD: Pasar saham didorong oleh dua emosi: keserakahan & ketakutan. Orang biasanya terjebak dalam boom hype dan membayar melebihi nilai saham. Ini adalah keserakahan yang mendorong pasar bullish. Jangan biarkan keserakahan menjadi kebutuhan Anda. Di pasar beruang, orang terbawa oleh pesimisme yang berkuasa dan ingin menjual investasi mereka dengan percaya pada rumor terburuk. Ini adalah ketakutan yang mendominasi pasar beruang.

WASPADALAH TERHADAP PENIPUAN: Waspadalah terhadap janji keuntungan cepat atau pengembalian setinggi langit. Investor harus ingat bahwa semakin tinggi keuntungan investasi, semakin tinggi risikonya. Ini adalah trade-off risiko/imbalan yang mendasar.

PERHATIKAN KINERJA SAHAM: Investor harus mengawasi kinerja saham. Mereka dapat melakukannya melalui surat kabar, media digital, majalah investasi, artikel penelitian perusahaan pialang atau melalui media lainnya. Kinerja saham suatu perusahaan dapat mengalami peningkatan atau penurunan berdasarkan beberapa perubahan mendasar dalam perusahaan seperti reformasi struktural atau keuangan. Demikian pula, perusahaan dapat menghadapi ledakan musiman atau tidak langsung yang menghasilkan kinerja saham yang lebih baik.

PAJAK & KOMISI: Sebagai investor, Anda harus mengetahui tarif pajak dan komisi yang dibebankan oleh Badan Pendapatan/Perusahaan Pialang Federal karena ini memengaruhi biaya Anda dan karenanya pengembalian Anda. Tidak ada tarif komisi yang ditentukan dan dapat bervariasi dari satu perusahaan ke perusahaan lain. Investor harus mempertimbangkan pajak yang akan dipotong dari transaksi perdagangan yang akan mereka lakukan. (Untuk detail tentang pajak dan retribusi saat ini, hubungi perusahaan pialang Anda).

Konsep Dasar Investasi Saham:

DIVIDEN & DIVIDEND YIELD: Seorang investor dapat berinvestasi di saham perusahaan untuk Dividen.

Dividen adalah pengembalian yang dibayarkan kepada pemegang saham dari keuntungan perusahaan. Dividen dapat berupa dividen tunai atau dividen bonus/saham. Dividen dapat dibayarkan oleh perusahaan lebih dari sekali dalam setahun.

Dividen tunai menyediakan ukuran yang disebut Dividen Yield. Hasil adalah ukuran arus kas yang diperoleh investor dari jumlah yang diinvestasikan dalam sekuritas. Dividen Yield adalah rasio keuangan yang menunjukkan berapa banyak dividen tunai yang dibayarkan perusahaan dalam hal harga sahamnya. Dividen yield dihitung dengan membagi nilai tunai dividen dengan harga saham. Ini ditentukan dalam persentase.

EARNING PER SHARE (EPS): Ini adalah rasio yang dihitung dengan membagi laba bersih perusahaan setelah pajak dengan jumlah saham yang beredar. Ini adalah ukuran kekuatan perusahaan dalam hal kemampuan menghasilkan untuk setiap saham yang diterbitkan.

PRICE EARNING RATIO (P/E): Ini adalah rasio yang dihitung dengan membagi harga saham saat ini dengan EPSnya. Ini adalah ukuran penilaian dan menunjukkan apakah harga saham itu realistis dan sejalan dengan pendapatannya. Jika harga saham terlalu tinggi, maka rasionya akan tinggi dan jika harga sahamnya rendah, rasionya akan rendah.

NILAI BUKU ATAU NILAI BREAK-UP: Nilai Buku per saham dihitung dengan membagi total ekuitas perusahaan dengan jumlah saham yang beredar. Rasio ini menunjukkan cakupan aset yang diwakili oleh setiap bagian ekuitas di perusahaan.

CAPITAL GAIN: Capital gain adalah penjualan saham dengan harga lebih tinggi dari harga beli. Beberapa perdagangan semacam itu dapat menghasilkan banyak keuntungan modal yang diperoleh investor.

REINVESTASI DIVIDEN: Ini adalah proses dimana dividen tunai yang diperoleh dari perusahaan diinvestasikan kembali untuk investasi saham.

By Nami